sekarang adalah hari buruh nasional yang jatuh pada tanggal 1 mey 2017. Disini saya akan membahas perbedaan buruh pabrik (non-BUMN), buruh masyarakat (PNS) dan buruh non-pabrik. Tulisan yang saya buat ini berdasarkan prepektif saya yang notabene-nya sebagai buruh non-pabrik.

Arti buruh bisa dibaca di wikipedia https://id.wikipedia.org/wiki/Buruh

  • Buruh Pabrik :

Pada dasarnya buruh pabrik ini hanya untuk kalangan yang berpendidikan menengah ke bawah. Namun menjadi buruh pabrik juga tidak harus mengesampingkan pendidikan. Alangkah baiknya kamu juga tetap berpendidikan tinggi. Supaya tidak mudah untuk dibodohi. Buruh pabrik liburnya jelas, 1-2x dalam seminggu. walaupun tidak selalu akhir minggu. kerja juga jelas 8 jam kerja, selebihnya akan dihitung lembur. Dan jika masuk dihari tanggal merah akan dihitung Lembar, walaupun itu hari minggu (Merah abadi). Gaji juga jelas, UMK/UMR jelas. dan dapat tunjangan kesehatan pula. 

Namun. sering kita lihat bahwa buruh pabrik sering demo untuk kenaikan upah mereka. Dilihat dari segi bersukur seharusnya mereka masih bisa bersukur jika dibandingkan dengan pekerja buruh lainya. Jika mereka tidak cocok dengan kerja di pabrik ya keluar. Namun jika memang perusahaan (Pabrik) tidak melakukan kewajibanya dengan benar, maka memang patut untuk diperjuangkan.

Dilihat dari kasat mata pekerja pabrik lebih konsumtif dan menggunakan gaji mereka disetiap tanggal gajian, sedikit yang memikirkan tentang jangka panjang. oleh karena itu jadilah buruh yang pintar dan bijak.

  • Buruh non-pabrik

Yang saya maksud buruh non-pabrik disini adalah pekerja yang bekerja disektor seperti Toko dan karyawan restoran. Pekerjaan ini sebenarnya lebih tepat untuk mereka yang juga berpendidikan menengah ke bawah, namun seperti ulasan saya tadi. walau kita buruh jangan sampai kita berpikir untuk tidak melanjutkan pendidikan atau pasrah begitu saja. Jadilah pekerja yang pandai. Buruh disektor ini sebenarnya lebih banyak yang bekerja paruh waktu, biasanya mereka sambil kuliah. Namun jika pengusaha menerapkan 10 jam kerja maka tentu saja pekerjaan ini tidak bisa dengan paruh waktu. Keuntungan dari menjadi buruh disektor ini adalah bisa kerja sambil kuliah tentu saja sarat dan ketentuan berlaku, namun menurut saya. lebih baik jika kuliah yang kuliah kerja ya kerja. supaya kuliah kalian lebih fokus. kecuali pekerjaan jasa mungkin akan sangat cocok untuk anak kuliah.

Bekerja disektor ini gajinya memang pas-pasan kecuali kalain memang pekerja profesional seperti KOKI atau sebagai manager toko. Gaji disektor ini dibawah UMK/UMR namun biasanya mempunyai bonus yang besar jika memenuhi target atau omset.  Berbeda dengan pekerja di pabrik, menajdi buruh disektor ini ada yang tidak mendaptkan tunjangan kesehatan atau bahkan tunjangan pensiun. Namun gaji mereka kadang lebih besar dari pekerja pabrik (tergantung dari omset). Orang yang bekerja disektor ini orang nya lebih slow, terima apa adanya. Jarang melakukan protes, kerja sama team nya bagus. Jika merasa tidak cocok dengan tempanya bekerja tanpa babibu cacicu langsung saja out. biasanya sie gitu. Namun biasanya mereka harus bekerja 9-12 jam perhari. denga bayaran yang pas-pasan. libur mereka juga tak tentu walau tanggal merah atau hari besar biasanya merek akan tetap masuk. semangat ya….

  • Buruh Masyarakat

Sebenarnya PNS (Pegawai Negeri Sipil) juga merupakan buruh bagi masyarakat, karena melayani masyarakat namun dibayar dari pajak rakyat juga. Kehidupan PNS mungkin bisa disebut lebih layak daripada 2 sektor diatas. layak disini maksudnya adalah gaji mereka terjamin sampai hari tua mereka. Banyak tunjangan juga. Memang untuk masuk disektor ini seharusnya Susah. biar pelayanan masyarakat juga prima. untuk masuk dalam buruh disektor ini kalian juga harus berpendidikan setidaknya Srata satu (S-1). untuk gaji dan lain-lain tergantung dari golongan.

cukup sekian terima kasih.

Iklan