Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ)

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PENGURUS

KOMUNIKASI MAHASISWA KEDIRI (KOMIK)

Communication Of Kediri Students

MARKAS BESAR SURABAYA

Periode 2011-2012

 

Assalamu`alaikum Wr.Wb

Bismillahirrahmanirrahim

 

  1. I.       PENDAHULUAN

 

Puji syukur dan do`a kehadirat Alloh SWT. atas segala nikmat dan karunia Nya tak pernah lupa kita panjatkan. Semoga kita semua senantiasa diberikan kekuatan Iman, Islam dan Ihsan, yang pada akhirnya dapat menjalankan aktifitas kita sehari-hari dengan lancar. Amin.

Solawat dan salam kita haturkan kepada Nabi Agung Muhammad SAW. yang tiada pernah lelah dalam berjuang, yang tak pernah mengeluh dalam ujian, dan tak pernah sombong dengan segala reputasi dan prestasi.

Setelah kurang lebih satu tahun masa bhakti kami sebagai pengurus KOMIK (Komunikasi Mahasiswa Kediri), kini tibalah pada suatu saat yang telah dinantikan, dimana seluruh anggota KOMIK hadir dalam satu forum untuk bersama-sama melakukan evaluasi atas apa yang telah kita lakukan dalam satu periode kepengurusan ini. Konggres VII adalah moment penting di organisasi Komik. Karena ditangannyalah keputusan dan kebijakan tertinggi berada. Untuk itu marilah kita bersungguh-sungguh dengan penuh kecerdasan dan kedewasaan dalam melaksanakan agenda ini. Sehingga Konggres V ini benar-benar menjadi ajang evaluasi bersama mambangun KOMIK yang lebih progresif.

 

  1. II.    KONDISI OBYEKTIF
    1. A.    Kondisi Internal

      Anggota

Anggota adalah bagian penting dari organisasi. Karena dibahunya memikul tanggung jawab yang tidak ringan. Yaitu sebagai penerus dan pewaris tugas-tugas dan kerja organisasi. Untuk itu, segala upaya dilakukan guna mempersiapkanya, mulai dari perekrutan, pengkaderan, pelatihan-pelatihan dan lain sebagainya dengan harapan agar pada saatnya nanti bisa mengemban tugas-tugas organisasi dengan baik. Dalam periode ini,  Komik mempunyai anggota yang terdaftar sebanyak……  orang. Dari jumlah itu, secara umum kami laporkan bahwa yang aktif kurang lebih sekitar 20-40% yang mengikuti semua aktifitas-aktifitas organisasi.

      Pengurus

Dengan berbagai pertimbangan, team formatur mengangkat anggota KOMIK yang masuk kuliah angkatan 2009 dan 2010 untuk menjadi pengurus. Sehingga pada periode ini jumlah pengurus sebanyak  orang. Namun seiring perjalanan waktu, ternyata tidak sedikit pengurus yang tidak aktif lagi berkecimpung di organisasi KOMIK. Kebanyakan dari mereka Aktif di organisasi lain sehingga sulit untuk membagi waktu dengan KOMIK. Pengkaderan menjadi kurang maksimal karena hanya 30% pengurus yang aktif. Dengan ketidak aktifan ini membuat beberapa Program kerja sulit untuk dijalankan. Namun, Dengan tetap semangat pengurus yang aktif berusaha semaksimal mungkin untuk menjalankan program kerja dan pengkaderan.

      Dewan Penasehat

Pada Kongres KOMIK Luar Biasa di Surabaya, telah diputuskan Bahwa semua pengurus yang telah memperoleh Sarjananya menjadi dewan penasehat. Dari semua dewan penasehat yang ada beberapa memberi masukan-masukan yang baik untuk kepengurusan kami. Beberapa lagi memang belum kami meminta nasehatnya. Kesemuanya telah memberkan banyak kontribusi kepada kami sehingga kami harus mengucapkan terima kasih banyak telah membantu kami dalam menyelesaikan masalah-masalah yang sulit kami pecahkan,

 

 

  1. B.     Kondisi Eksternal

      Institut

Komunikasi Mahasiswa Kediri (KOMIK) markas besar Surabaya yang sejak awal masa periode 2011-2012 ini bermaksud melebarkan sayap dari Instistut ke jenjang yang lebih luas, yakni kampus-kampus di wilayah Surabaya, masih mengalami banyak sekali kendala untuk merealisasikan harapan tersebut. Meskipun dari kondisi eksternal kampus sudah tidak ada sama sekali hambatan untuk mengibarkan bendera kebesaran KOMIK, namun, untuk mengibarkan bendera KOMIK ke kampus-kampus lain di luar IAIN nampaknya kami mengalami kesulitan. Karena kami terus berbenah diri dari faktor intern yang belum maksimal, selain itu susahnya menjalin komunikasi antara mahasiswa di kampus lain, kendala tempat yang agak jauh juga menjadi harapan pengurus untuk ekspansi ke kampus-kampus lain semakin sulit.

 

III. KEBIJAKAN UMUM

Untuk menghadapi perubahan, pergantian zaman dan menyongsong masa depan, KOMIK harus memiliki kemampuan organisaasi yang handal dan mantap. Karena masalah yang dihadapi bukanlah tugas ringan, tetapi suatu tugas yang berat dan rumit.

Berbagai studi dilakukan untuk melihat potret KOMIK hari ini. Dari situ didapatkan suatu gambaran tentang kondisi obyektif KOMIK, bahwa KOMIK masih disegani dari ormada lain di IAIN, beberapa dari Ormada di IAIN selalau mengundang KOMIK dalam berbagai acara, walaupun ada bebrapa acara yang tidak bisa kami hadiri karena jauhnya lokasi atau karena ada kegiatan lain yang bersamaan.

Sebagai warga Kediri yang peduli terhadap kondisi masyarakat Kediri, tentu kita tidak tinggal diam dan membiarkan hanya berhenti sampai disini. Maka mengambil pelajaran, dan melihat kenyataan yang ada hari ini perlu diambil langkah-langkah antisipatif dan positif untuk menentukan  masa depan KOMIK yang  cerah dan gemilang, yang lebih baik dari masa lalu dan masa sekarang. Untuk itu perlu dilakukan perubahan, dan perubahan itu tidak datang begitu saja dan tidak akan dilakukan oleh orang lain. Namun perubahan itu akan dilakukan oleh kaum yang bersangkutan. Sebagaimana disebut dalam Al-Qur`an surat Ar-Ra`du ayat 11 : “Sesungguhnya Alloh tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sehimgga mereka mengubah keadaan mereka sendiri“.

Untuk itu, sebagai bagian integral dari keluarga besar KOMIK, maka akan mengambil langkah yang tertuang dalam kebijakan umum sebagai berukut :

      Peningkatan Visi Intelektual

Upaya membangkitkan kembali kekuatan intelektual anggota KOMIK hukumnya fardhu. KOMIK harus semakin menyadari bahwa dinamika intelektual kelompok dan organisasi semakin berkembang. Bahkan tidak sedikit para anggota KOMIK yang berada digaris depan organisasi-organisasi mahasiswa lain, baik internal maupun eksternal kampus. Karenanya KOMIK dituntut untuk melanjutkan dan meningkatkan prestasi tersebut. Dalam rangka peningkatan kekuatan intelektual ini membutuhkan beberapa hal. Pertama, lingkungan yang kondusif  berupa kebijakan organisasi dan komitmen pemimpin organisasi. Kedua, menyediakan sarana bagi debat pemikiran, seperti study club dan penerbitan bulletin.

      Penguatan Basis

Sebagai second university, KOMIK dituntut untuk bisa mengakomodasi aspirasi, kepentingan dan kebutuhan mahasiswa. Hal ini penting bagi upaya memperkuat kembali basis KOMIK di kampus. Maka ank-anak yang berasal dari daerah Kediri harus mampu untuk diajak bekerjasama dalam mengembangkan KOMIK lebih maju. Berusaha membangun dinamika kampus yang sehat dan berkualitas, bersama-sama dengan kekuatan kemahasiswaan. Mencoba merangkul anak-anak Kediri yang berada di kampus lain yang sekarang sudah mulai dikenal gaung KOMIK di beberapa kampus di Surabaya.

      Refungsionalisasi

Ini tidak berarti bahwa saat ini telah terjadi kerusakan terhadap sistem ataupun mandeknya KOMIK yang disebabkan oleh struktur organisasi yang mengalami disfungsi secara total. Upaya refungsionalisasi dalam hal ini dimaksudkan sebagai keharusan kreatif dan terus menerus guna mengembangkan struktur dan fungsi-fungsi organisasi, untuk mendukung dan menopang proses aktualisasi dan reaktualisasi sistem kehidupan organisasi di semua aspeknya dalam rangka pengembangan peran dan fungsi organisasi itu sendiri.

IV. DESKRIPSI PER DEVISI

      Devisi Seni dan Budaya

Program Kerja :

  1. Kajian Budaya
  2. Tinjau Budaya Alam dan Lingkungan

Realisasi : Mencari Air terjun Dawarwulan di Puncu.

Kendala : kurang adanya Pengurus yang Aktif

Proyeksi : Membina Komunikasi yang baik

      Devisi Keilmuan

–          Program Kerja

  1.                                      1.          Mengadakan Kajian keilmuan
  2.                                      2.          Pembuatan KOMIK Express
  3.                                      3.          Latihan Pidato
  4.                                      4.          Setoran Blog
  5.                                      5.          Nongkrong Ormada lain

–          Realisasi Program Kerja

  1.                                 1.              Mengadakan presentasi makalah
  2.                                 2.              KOMIK Ekspress terbit 3 kali
  3.                                 3.              Pelatihan membuat Blog

–          Evaluasi dan Proyeksi

  1. Evaluasi:

                                                1.            Sibukkannya para personel devisi oleh beberapa kegiatan perkuliahan maupun organisasi lain.

                                                2.            Kurangnya koordinasi yang bak antar personil

                                                3.            Pembagian kerja tidak merata

                                                4.            Tidak ada job diskripsi antar personil

  1. Proyeksi:

                                                1.            Meningkatkan kembali ghirroh seluruh pengurus untuk terus aktif dalam menjalankan program kerja.

                                                2.            Membina komunikasi yang baik antar personil

                                                3.            Menentukan jobdiskripsi antar personil agar tercipta pemerataan tugas.

      Devisi Wirausaha

–       Program Kerja

  1. Mendirikan BUMK (Badan Usaha milik KOMIK)
  2. Membuka lembaga bimbingan belajar
  3. Simbiosis Desa dan Kota
  4. Perbendayaan wanita

–       Realisasi Program Kerja

  1. Membuka stand bazaar wisuda

 

–       Evaluasi dan Proyeksi

  1. Evaluasi:
    1. Minimnya komunikasi dan kesibukan perkuliahan
    2. Kurang terkondisikannya anggota KOMIK
    3. Manajemen yang belum tertata
    4. Tidak adanya koordinator

  1. Proyeksi:
    1. Mensinergikan kegiatan anggota dengan jadwal KOMIK
    2. Merapatkan rasa, karsa dan cipta yang lebih solid
    3. Mewujudkan manajemen yang ideal bagi terwujudnya kekeluargaan dan kemitraan keluarga KOMIK

      Devisi Keagamaan

–       Program Kerja

  1. Mengadakan Kajian Kitab
  2. Mengadakan buka bersama
  3. Mengadakan halal bi halal
  4. Mengadakan bakti social
  5. Mengadakan Ziarah

–       Realisasi Program Kerja

  1. Mengadakan buka bersama
  2. Mengadakan halal bi halal
  3. Kajian bertema Agama

 

–       Evaluasi dan Proyeksi

  1. Evaluasi:
  2. Kurangnya koordinasi antar personil devisi
  3. Sibuknya para pengurus dengan perkuliahan atauun organisasi lain
  4. Proyeksi:
  5. Meningkatkan kembali ghirroh seluruh pengurus untuk terus aktif dalam menjalankan program kerja.
  6. Meningkatkan motivasi pengurus agar lebih aktif

 

      Devisi Minat dan Bakat

–          Program Kerja

  1. Mengadakaln olahraga futsal
  2. Mengadakan Pelatihan iroah
  3. Mengadakan pelatihan karya ilmiah
  4. Mengadakan banjari

–          Realisasi Program Kerja

  1. Mengunjungi Pameran buku di Expo

–          Evaluasi dan Proyeksi

(a)   Kurangnya koordinasi dengankoordinator Minat bakat.

(b)   koordinator yang kurang aktif

(c)    Komunikasi antar anggota yang pasif

  • Humas

– Progrma Kerja

i)        Membuat Pamflet

ii)      Mengkoordinir Anggota setiap ada kegiatan

iii)    Perekrutan

Realisasi

(1)   Pembuatan Pamflet

(2)   SMS anggota setiap ada acara

(3)   Perekrutan

Evaluasi

(a)    Humas yang menjabat ketua di organisasi lain sulit untuk membagi waktu

      Kesekretariatan

–          Program Kerja

  1.                                      1.      Membuat data anggota KOMIK terbaru
  2.                                      2.      Membuat absensi kegiatan anggota KOMIK
  3.                                      3.      Base Camp

–          Realisasi Program Kerja

Dari beberapa program kerja di atas alhamdulillah mayoritas dapat terlaksana. Akan tetapi dalam menjalankan tugas kesekretariatan dengan profesional nampaknya kurang dapat terialisasi, karena masih minimnya pengalaman para personil bagian kesekretarian dalam menjalankan tugas keskretariatan, terbukti kurang teraturnya surat menyurat organisasi yang pengarsipannya masih belum rapi. Dalam hal menjalin komunikasi dan konsolidasi antar pengurus maupun anggota dapat berjalan dengan baik berkat kerjasama seluruh anggota dan pengurus. Alhamdulillah dalam hal mengidentifikasi biodata anggota KOMIK pengurus dapat melaksanakannya dengan cara membuat data base anggota KOMIK yang disertai dengan foto masing-masing anggota. Sedangkan dalam hal mengadakan sekretariatan sendiri belum dapat terlaksana dengan baik. Selama ini pengurus masih menempati salah satu kos ketua KOMIK untuk dijadikan sebagai basecamp.

–          Evaluasi dan Proyeksi

  1. Evaluasi:
    1. Kurangnya profesionalitas sekretaris di devisi kesekretariatan
    2. Kurangnya konsolidasi dan komunikasi dengan pengurus dan anggota
    3. Belum adanya sekretariat sendiri.
    4. Proyeksi:
      1. Meningkatkan profesionalisme kesekretariatan
      2. Meningkatkan konsolidasi dengan ketua umum.
      3. Mengadakan sekretariat sendiri

      Kebendaharaan

–          Program Kerja

  1.                                     1.      Mengatur dan mengontrol sirkulasi keuangan organisasi.

–          Realisasi Program Kerja

Program kerja mengatur dan mengontrol sirkulasi keuangan organisasi dan melakukakan penggalian dana untuk kesejahteraan organisasi melalui iuran maupun pengajuan proposal bantuan dana kegiatan telah terlaksana. Sedangkan dalam mengadakan pembinaan tentang kebendaharaan, belum dapat terlaksana dengan baik karena belum pernah menyelenggarakan pembinaan kebendaharaan.

–          Evaluasi dan Proyeksi

  1. Evaluasi:
    1. Tidak terlaksananya program pembinaan kebendaharaan karena terlupakan.
    2. Kurangnya komunikasi dan konsolidasi antara bendahara dengan pengurus yang lain.
    3. Kesibukan bendahara oleh kegiatan lain sehingga iuran kas dan masalah keuangan sedikit terbengkalai.
    4. Proyeksi:
      1. Meningkatkan profesionalisme kebendaharaan
      2. Meningkatkan komunikasi dan konsolidasi antara bendahara dengan pengurus yang lain.
      3. Perlu adanya tambahan tenaga kebendaharaan baru agar sewaktu-waktu bendahara mendapatkan kesibukan dapat digantikan oleh pengurus yang lain/wakilnya.

  1. V.    PENUTUP

Demikian laporan ini kami susun dan kami sampaikan, tentunya dalam penyajian laporan yang telah kami buat tidak cukup hanya sebatas kata-kata tanpa arti apapun, tetapi lebih dari pada itu diharapkan dapat diimplementasikan dalam sebuah kegiatan yang lebih baik pada masa-masa kepengurusan berikutnya dan kiranya dapat menjadi pijakan untuk melangkah dalam menata organisasi ke arah yang lebih baik dari pada apa yang telah terjadi saat ini. Harapan besar dalam KONGGRES V ini adalah lahirnya embrio-embrio pemikiran baru untuk melanjutkan lembar-lembar sejarah yang kemudian bisa disemai dalam kawah candradimuka di atas organisasi bernama KOMIK, dan pada akhirnya dapat menghasilkan manusia-manusia yang siap juang, sebagaimana anak-anak panah sejarah bangsa dilesatkan untuk membawa risalah kebenaran dan keadilan ketengah-tengah pergolakan zaman.

Selanjutnya apabila dalam laporan pertanggungjawaban ini terdapat kata-kata yang kurang berkenan, kami mohon maaf, dan ucapan terimakasih kami sampaikan kepada kawan-kawan seperjuangan atas dukungan moril maupun materi yang sudah diberikan.

Salam KOMIK “Selera Pemberani………..”.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

 

 

Puncu, 22 Desember 2012

                                             Komunikasi Mahasiswa Kediri (KOMIK)

                                             Communication of Kediri Students

                                             Markas Besar Surabaya

                                             2011-2012

 

 

 

 

 

MOH HARIS HARIYADI               NUR FITRIA TIRA MAJID

              KETUA                                             SEKRETARIS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Silahkan komentar..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

duaribuan

untuk bulutangkis Indonesia

alangalangkumitir

Javanese Manuscripts

Haris eXpress

ilmu yang banyak tak akan berguna jika tidak di manfaatkan

dunia gradien

Just another WordPress.com weblog

Catatan Hidup

Aku berjalan dan kutuliskan jejak ini

"Sekedar Info"

Berbagi Informasi untuk Indonesia