Abu Abdillah Abdurrahman bin Naashir bin Abdullah bin Nashir As Sa’di

Nama Pemakalah : Moh Haris Hariyadi
Jurusan : Sejarah dan Peradaban Islam IAIN Sunan Ampel Surabaya

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. Latar Belakang

            Abu Abdillah Abdurrahman bin Naashir bin Abdullah bin Nashir As Sa’di dikalangan sejarawan Islam mungkin kurang begitu momumental. Namun sebenarnya beliau juga sangat berjasa dalam dunia ilmu pengetahuan islam. Beliau adalah seorang ulama dari Arab Saudi. Ada yang mengatakan juga beliau adalah murit dari Ibnu Tamiyah. Beliau juga banyak sekali menerbitkan sebuah karya-karya dan kitab-kitab yang kebanyakan kitab Fiqih. Karya beliau juga sudah banyak diterjemahkan termasuk di terjemahkan kedalam bahasa Indonesia.

 

BAB II

PEMBAHASAN

  1. 1.      Kelahiran As Sa’di

            Abu Abdillah Abdurrahman bin Naashir bin Abdullah bin Nashir As Sa’di dari Bani Tamim. Beliau dilahirkan di kota Unaizah di wilayah Qashim pada tahun 1307 hijriah, ibundanya telah meninggal pada saat beliau masih berumur 4 tahun, lalu ayahandanya juga meninggal pada tahun 1314 H ketika beliau menginjak umur 8 tahun, dan kemudian istri ayahnya (ibu tiri beliau) memberikan perhatian yang besar kepada beliau, sehingga beliau amat disayanginya melebihi kasih sayangnya kepada anak-anaknya sendiri, demikian pula saudaranya, Hamad dirawat olehnya, sehingga tumbuhlah Syaikh dengan baik. Beliau pun memasuki madrasah tahfizh/penghafal Quran dan sudah bisa menghafalnya dalam umur 11 tahun, dan beliau mampu menghafal Al Quran di luar kepala ketika mencapai umur 14 tahun.

  1. 2.      Guru – Guru

            Setelah beliau bisa menghafalkan Al Quran dengan melihat mushaf di luar kepala maka beliau pun menyibukkan diri dengan menuntut ilmu syar’i, beliau membaca pelajaran Hadits kepada Ibrahim bin Hamd bin Jasir, membaca pelajaran Fikih dan Nahwu kepada Muhammad bin Abdul Karim Asy Syibl, membaca pelajaran tauhid, tafsir, fikih dan ushul fikih, dan juga nahwu kepada Syaikh Shalih bin Utsman Qadhi di Unaizah beliaulah guru yang paling banyak ditimba ilmunya, beliau belajar secara terus menerus kepadanya sampai tamat hingga ia wafat. Dan beliau juga membaca pelajaran kepada Syaikh Abdullah bin Aidh dan Syaikh Shaab bin Abdullah at-Tuwaijiri, Syaikh Ali as-Sinani, Syaikh Ali bin Nashir Abu Wadi; beliau membaca pelajaran hadits dan kitab-kitab induk hadits yang enam kepadanya, maka ia pun memberikan ijazah kepada beliau untuk meriwayatkan hadits. Beliau juga membaca pelajaran kepada Syaikh Muhammad asy-Syinqithi ketika masih tinggal di Hijaz dulu, kemudian ia pindah ke kota az-Zubair, beliau membaca pelajaran tafsir, hadits dan mushthalah hadits kepadanya sewaktu ia menetap di kota Unaiza.

  1. 3.      Mulai Mengajar

            Ketika umur beliau sudah mencapai 23 tahun, beliau sudah mulai membuka pelajaran, beliau senantiasa belajar dan mengajar, dan memanfaatkan waktunya untuk itu. Beliau juga menggeluti penelitian karya-karya tulis Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan karya-karya muridnya Ibnul Qayyim dengan penuh perhatian dan pemahaman, sehingga beliau sangat banyak mengambil faedah dari karya-karya ini.

  1. 4.      Diantara Muritnya.

            Salah seorang murid Asy Syaikh As Sa’di yang termasyhur adalah Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin. Asy Syaikh Al Utsaimin belajar ilmu tauhid, tafsir, hadits, fiqih, ushul fiqh, ilmu waris, musthalah hadits, nahwu dan sarf. Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin pernah memberikan sebuah testimony tentang guru beliau, Asy Syaikh As Sa’di,

“Saya banyak sekali terpengaruh dengan metode beliau dalam mengajar dan menyampaikan ilmu, bagaimana mempermudah murid-murid beliau agar bisa memahami dengan beragam contoh dan makna-makna. Dan saya juga terpengaruh dengan akhlak beliau karena Asy Syaikh Abdurrahman rahimahullah adalah orang yang memiliki akhlak yang sangat mulia, beliau rahimahullah banyak sekali ilmu dan ibadahnya, beliau terkadang bersenda gurau dengan yang lebih muda, bermurah senyum dengan yang lebih tua. Dia adalah salah seorang yang kulihat paling baik akhlaknya.”

            Murid beliau yang lain adalah Asy Syaih Abdullah bin Abdul Aziz bin Aqil, salah seorang anggota Hai’ah Ad Daimah bi Majalisil Qadhail A’la – Komite Tetap dalam Mahkamah Agung Kerajaan Saudi Arabia.

  1. 5.      Karya – Karyanya.

            Tafsir Al Quran Al Karim yang bernama Taisir Karim al-Mannan fii Tafsir Al Quran  yang berjumlah 8 jilid, beliau selesai menulisnya pada tahun 1344 H yang telah diterbitkan oleh Maktabah Salafiyah di Mesir. Hasyiyah alal Fiqh sebagai koreksi atas berbagai kitab yang tersebar dan pernah ditulis di kalangan mazhab Hambali. Irsyad Ulil Bashair wal Albab li Marifatil Fiqh bi Aqrabi Thuruq wa Aisaril Asbab yang disusun dalam bentuk tanya jawab. Buku ini dicetak di Maktabah At Taraqi di Damaskus pada tahun 1365 H dengan biaya penulis dan dibagi-bagikan secara gratis. Tanzih ad-Din wa Hamlatihi wa Rijalihi min Maftarahu Al Qashimi fi Aghlalihi. Buku ini dicetak di Dar Ihya al-Kitab al-Arabi dengan biaya seorang pejabat Hijaz Syaikh Muhammad Afandi Nashif pada tahun 1366 H. Ad Durrah Al Mukhtasharah fi Mahasinil Islam, dicetak di Percetakan Ansharus Sunnah pada tahun 1366 H.

            Al Khuthab Al Ashriyah dicetak di Percetakan Ansharus Sunnah pada tahun 1366 H. Al Qawaidul Hisan fi Tafsiril Quran, dicetak di Percetakan Ansharus Sunnah pada tahun 1366 H. Al Haq Al Wadhih Al Mubin fi Syarhi Tauhid Al Anbiya wal Mursalin, ia merupakan penjelasan karya Imam ibnu Qoyim di cetak di percetakan As-Salafiyah di Mesir.

Taudhihul Kafiyah asy-Syafiyah, dicetak di percetakan as-Salafiyah di Mesir. Wujubut Taawun bainal Muslimin wa Maudhu\u2019ul Jihad ad-Dini, dicetak di Percetakan as-Salafiyah di Mesir dengan biaya penulis. Al Qaul As Sadid fi Maqashid At Tauhid, dicetak di Percetakan Al Imam, dengan biaya dari Abdul Muhsin Aba Bathin pada tahun 1367 H. Manhaj As Salikin sebuah ringkasan dalam ilmu Ushul Fiqih. Taisir Lathif Al Mannan fi Khulashati Tafsir Al Quran, dicetak percetakan Al Imam di Mesir pada tahun 1368 H dengan biaya dari penulis dan sekelompok donatu

Beliau menulis banyak karya, di antaranya:

1. Al Adillati wal Qawathi’ wal Baraahin fi Ibthali Ushulul Mulhidin
2. Al Irsyad ila Ma’rifatil Ahkam
3. Intisharul Haq
4. Bahjahtu Qulubil Abrar wa Qurratu Uyunil Akhyar fi Syarhi Jawami’ul Akhbar (telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul “Mutiara Hikmah Penyejuk Hati, Syarah 99 Hadits Pilihan” oleh Al Ustadz Harits Abrar Thalib, Penerbit Cahaya Tauhid Press)
5. At Ta’liq wa Kasyfun Niqaab ala Nizhami Qawaidul I’rab
6. Taudhih Al Kaafiyah Asy Syafiyah
7. Taudhihu wal Bayaan li Sajaratil Iman
8. Haasyiyah Fiqhiyah
9. Diiwan Khutab
10. Al Qawaidul Hisan
11. Tanzihuddin
12. Radd ala Al Qasimi
13. Al Haqq Al Wadhih Al Mubayyin
14. Taisir Karimirrahman fit Tafsiri Kalamil Mannan, sebuah tafsir Al Quran sebanyak delapan jilid.
15. Hukmu Syarbud Dukhan (Hukum Menghisap Rokok)
16. Risalah fi Qawaid Al Fiqhiyyah
17. Al Fatawa As Sa’diiyah
18. Al Wasaailul Mufiidah lil Hayatis Sa’idah (telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul Kunci Meraih Kebahagiaan Hidup oleh Al Ustadz Fuad Qawwam, Lc. Penerbit Cahaya Tauhid Press)
19. Ad-Durar Al-Mukhtasharah fii Mahaasin Al-Islaam, (telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul “Sungguh Islam itu Indah!” oleh Al Ustadz Fuad Qawwam, Lc. Penerbit Al Ilmu)
20. Al Qawaidul Hisan lit Tafsiril Qur’an (Kaidah-kaidah dalam menafsirkan Kitab Suci Al Qur’an)
21. Al Qaulussadiid fi Maqasidit Tauhid (merupakan penjelasan terhadap Kitabut Tauhid karya Asy Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab)
22. Minhajus Salikin fit Taudhihil Fiqhi fid Diin
23. Ar Riyadh An Nadhirah dan puluhan kitab lainnya

  1. 6.      Akhir Hayat

            Pada tahun 1371 H beliau tertimpa sakit tekanan darah dan penyempitan pembuluh darah sehingga membuat sekujur tubuh beliau menggigil apabila berbicara selama beberapa jam, maka beliau menghentikan aktivitasnya, apabila membaca Al Quran lalu berbicara maka kembalilah kondisinya seperti biasanya. Dengan kondisi seperti itu beliau berangkat ke Libanon pada tahun 1372 H berkat pembiayaan dari Pemerintah Saudi Arabia.

            Sesudah kembali ke kota Unaizah beliau langsung meneruskan aktivitas-aktivitasnya yang dahulu ditekuninya sebelum jatuh sakit yaitu memberikan pelajaran, berfatwa, menulis, berkhutbah Jumat, menjadi imam sholat. Maka sakitnya kembali kambuh. Pada bulan Jumadil Akhirah tahun 1376 H beliau merasakan kembali penyakit yang dulu pernah menimpanya dengan ditambah suhu tubuh yang mendingin dan badannya menggigil pada malam Rabu tanggal 22 di bulan tersebut pada tahun 1376 H itu terjadi sesudah beliau selesai mengajar yang biasa dilakukannya, seperti pengajian-pengajian beliau yang lainnya. Beliau menyampaikan pelajaran di hadapan jamaah di mesjid, dan sesudah memberikan pelajaran tiba-tiba beliau merasakan berat dan tubuhnya tidak bisa digerakkan. Sesudah sholat selesai beliau mengisyaratkan kepada sebagian muridnya untuk menyangga tangannya dan pergi menuntun beliau kembali ke rumahnya. Maka hal itu dilakukan sehingga bangkitlah beberapa orang dari hadirin untuk memapah beliau, dalam perjalanan ke rumah beliau sudah pingsan di tengah jalan. Perawatan kepada beliau segera dilakukan dengan berbagai cara yang bisa ditempuh Namun beliu wafat di saat fajar hari Kamis yang bertepatan dengan 23 Jumadil Akhirah tahun 1376 H. jenazahnya dipanggul di atas pundak-pundak dengan berdesak-desakan menuju pekuburan Asy Syahwaniyah sebuah pekuburan yang cukup dikenal di kota ‘Unaizah.


BAB III

PENUTUP

 

Simpulan

            Abu Abdillah Abdurrahman bin Naashir bin Abdullah bin Nashir As Sa’di dari Bani Tamim. Beliau dilahirkan di kota Unaizah di wilayah Qashim pada tahun 1307 hijriah. Guru-gurunya diantaranya Asy Syaikh Ibrahim bin Muhammad bin Haasir, Asy Syaikh Muhammad bin Abdul Kariim Asy Syibl, Asy Syaikh Shalih bin Utsman, qadi Unaizah, Asy Syaikh Muhammad Asy Syinqiti yang tinggal di Hijaz dll. Diantara karyanya Tafsir Al Quran Al Karim yang bernama Taisir Karim al-Mannan fii Tafsir Al Quran  yang berjumlah 8 jilid, beliau selesai menulisnya pada tahun 1344 H yang telah diterbitkan oleh Maktabah Salafiyah di Mesir. beliu wafat di saat fajar hari Kamis yang bertepatan dengan 23 Jumadil Akhirah tahun 1376 H. Jenazahnya dipanggul di atas pundak-pundak dengan berdesak-desakan menuju pekuburan Asy Syahwaniyah sebuah pekuburan yang cukup dikenal di kota ‘Unaizah.

DAFTAR PUSTAKA

 

            Taisir Lathifil Mannaan, hal. 5-12, Penerbit Maktabah Ar Rusyd, Riyadh Saudi                             Arabia. Penerjemah: Abu Muslih Ari Wahyudi.                                                                      (http://www.scribd.com/doc/5281546/biografi-syaikh-abdurrohman-bin-                             nashir-as-sadi) Akses pada tannggal 12 Nopember 2012

            [Online]http://ulamasunnah.wordpress.com/2009/05/09/biografi-asy-syaikh-                                    abdurrahman-bin-nashir-as-sadi/ diakses pada tanggal 12 nopember 2012

Silahkan komentar..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

duaribuan

untuk bulutangkis Indonesia

alangalangkumitir

Javanese Manuscripts

Haris eXpress

ilmu yang banyak tak akan berguna jika tidak di manfaatkan

dunia gradien

Just another WordPress.com weblog

Catatan Hidup

Aku berjalan dan kutuliskan jejak ini

"Sekedar Info"

Berbagi Informasi untuk Indonesia