Hari ini tgal 7 Juni 2012, diadakan sebuah Workshop tetang DIGITALISASI MANUSKRIP oleh Jurusan Sejarah dan Peradaban Islam Fakultas Adab Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya. Bertempat di Gedung Multimedia Fakultas Adab Lantai ke-4. Pesertanya adalah seluruh mahasiswa semester 4 dan 6 Jurusan Sejarah dan Peradaban Islam. Acara ini bagiku mungkin sangat mendadak karena sebelumnya aku tidak mengetahui acara ini. Namun acara lumayan dikemas dengan seru dan apik, pematerinya adalah Dosen Fakultas Adab sendiri, yaitu bapak Ahmad Frank, Dosennya Gokil sekali bisa membawa suasana Workshop jadi lebih nyaman dengan kondisi ruangan yang kurang nyawan. Disutu kami dijelaskan bagaimana cara men DIGITALISASI MANUSKRIP, sekedar info, di jurusan kami ini sering sekali bersentuhan dengan namanya manuskrip (Benda kuno berupa Lembaran Teks) yang sangat hati-hati jika memegangnya. Sehingga peng-Digitalisaikan manuskrip ini sangat perlu di lakukan. Apa sie manfaat dari peng-Digitalisasikan manuskrip ini, menurut pak Frank dalam makalahnya :
1. Ikut melestarikan dokumen asli manuskrip
2. Mempermudah akses terhadap informasi yang terkandung dalam manuskrip secara lebih luas tanpa dibatasi waktu dan tempat.
3. Diversifikasi penyimpanan data penting.
4. Upaya penggandaan data secara tidak terbatas
5. Memfasilitasi akses manuskrip digital selayaknya mengakses manuskrip aslinya.
6. Meningkatkan nilai ekonomis manuskrip tanpa mengurangi kualitas manuskrip aslinya
…..
Oh za, dalam acara tersebut yang terbilang gratis, juga disediakan makan siang, hemm enaknya.. dapat sertifikat pula. Semoga bermanfaat untuk semua. amin (oleh : moh Haris Hariyadi)

Iklan