Sikap Umat Islam Dalam Menghadapi Gerakan Orientalis

PEMBAHASAN

Sikap Umat Islam Dalam Menghadapi Gerakan Orientalis

            Agar umat islam tidak di cap sebagai umat yang apatis terhadapat perluakuan kaum orientalis, maka perlu diambil sikap dan tindakan untuk mempertahankan ajaran agama islam yang benar. berikut adalah beberapa sikap yang perlu diambil dalam menghadapai gerakan kaum orientalis.

1. Meningkatkan Keilmuan Umat Islam

            Dalam menghadapi gerakan Orientalis, tentunya umat islam sendiri juga harus siap menerima hujatan-hujtan yang belum tentu benar dari kaum orientalis. untuk membendungnya umat islam juga harus mempelajari islam itu sendri secara mendalam agar bisa menjawab apa-apa yang dilontarkan kaum orientalis yang salah atau belum benar terhadapnya. Dengan meningkatkan Intelektual umat islam sendiri, maka akan melahirkan pemikir-pemikir ilmiah yang tentunya tidak bertentangan dengan ajaran agama islam.

2. Membuat Esiklopedi Islam

            Menyuguhkan Topik-topik yang Objektif dan dilandasi dengan hakikat Ilmiah serta fakta sejarah dan Logika yang benar serta dikuatkan dengan sandaran agama. Perlu juga dimuat penengah perbedaan antara Pendapat Orientalis dan Umat Islam khususnya yang berkaitan dengan Islam dan peradabannya.

3. Membentuk Lembaga Ilmiah Islam

            Berguna untuk memberikan informasi untuk mengimbangi pemikiran orientalis. Bertugas untuk menghimpun data-data ilmiah islamiah dari seluruh Dunia, sehingga mampu mensejajarkan diri dengan kaum orientalis. Lembaga tersebut diharapkan menjadi teropong bagi setiap arus yang datang menentang islam. Organisasi-organisasi Islam juga diharapkan berperan aktif dalam menyikapi beberapa pemikiran kaum orientalis yang tidak sesui dengan ajaran islam dengan memberikan klirifikasi dengan Ilmiah dan fakta-fakta yang ada tanpa meninggalkan Al-quran dan Hadis.

4. Membuat Sarana Dakwah

            Sarana ini sangat penting dalam mengembangkan dan meningkatkat serta menyebarluaskan Ilmu-ilmu Islam yang benar. Lewat media-media yang ada seperti media Online maupun Cetak sangat membantu untuk membendung gerakan Orientalis. Tentu saja informasi-informasi yang di publikasikan tidak hanya sekedar informasi agama namun juga harus mengacu pada keilmiahan. Tidak hanya mengembangan sarana lewat media namun diharapkan juga melalui kegiatan-kegiatan yang islami.

5. Diolog dengan Kaum Orientalis.

            Dengan berdialog maka Umat Islam dan Kaum Orientais nantinya di harapkan akan menemukan titik temu yang baik dalam memecahkan suatu hal yang dipermasalahkan. Jika ada kaum Orientalis yang mengkaji islam numun ada beberapa hal yang tidak bisa di terima oleh umat islam maka perku untuk diluruskan agar menjadi kebenaran yang umum sesui dengan fakta-fakta yang ada, dan juga sebaliknya.

6. Mendirikan Badan Penerbit Buku-buku Ilmiah Islamiyah.

            Dengan adanya badan ini diharapkan buku-buku ilmiah islamiyah dapat laris dipasaran sebagai bahan acuan atau pembanding buku-buku orientalis yang ada.

 KESIMPULAN

            Menyikapi pemikiran-pemikiran kaum Orientalis yang kurang benar, maka umat islam perlu melakukan tindakan meningkatkan pemahaman terhadap agamanya sendiri dibantu dengan pengembangan dan pembuplikasian ilmu-ilmu islam untuk dapat membendung pemikiran-pemikiran kaum oreintalis yang kurang benar.

            Meningkatkan kualitas diri dalam memahami agamanya sendiri (Islam) bertujuan untuk membendung diri sendiri dari beberapa pemikiran kotor kaum orientalis. Sementara pembublikasian ilmu-ilmu islam alamiah untuk menekan dan pembanding ilmu-ilmu orientalis yang kurang benar.

           Makalah ini berasal dari buku karangan dosen saya H. Achmad Zuhdi DH

Pandangan Orientalis Barat Tentang Islam : antara yang menghujat dan memuji

 

 

Silahkan komentar..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

duaribuan

untuk bulutangkis Indonesia

alangalangkumitir

Javanese Manuscripts

Haris eXpress

ilmu yang banyak tak akan berguna jika tidak di manfaatkan

dunia gradien

Just another WordPress.com weblog

Catatan Hidup

Aku berjalan dan kutuliskan jejak ini

"Sekedar Info"

Berbagi Informasi untuk Indonesia