DESA NEPEN

                Oh za teman-teman Desa tempat kelahiranku bernama desa Nepen. Terletak di kecamatan Badas kabupaten Kediri Jawa timur. Desa ini berada pada kurang lebih 30 Km ke arah utara Kota Kediri. Mata pencaharian Sehari-hari penduduk setempat adalah Petani dan Perikanan. Desa kami dan sekitarnya terkenal dengan Ikan Gurami, Tombro dan Lele. Rata-rata penduduk desa Nepen berpendidikan MA (Madrasal Aliyah : Setara SMA) dan beberapa Juga anak Pondokan. Hanya segelintir orang yang mengayam pendidikan Tinggi atau Kuliah.

Untuk menuj desa kami:

Dengan Kendaraan UMUM

  • Dari arah Surabaya : Naik bus HASTI/PANGERAN Jurusan Pare turun di Perempatan Bringin -Pare kemudian naik Ojek sekitar 4 Km Menuju ke Desa Nepen.
  • Dari Arah Malang : Naik Bus PUSPA INDAH jurusan Kediri,  samapai Pare turun di Perempatan Bringin -Pare kemudian naik Ojek sekitar 4 Km Menuju ke Desa Nepen.
  • Dari Arah Blitar : Naik Bus PATAS PARE turun di Terminal PARE, kemudian naik Ojek sekitar 4 Km Menuju ke Desa Nepen
  • Dari Arah Trenggalek : Naik bus Jurusan Pare turun di Perempatan Bringin -Pare kemudian naik Ojek sekitar 4 Km Menuju ke Desa Nepen.
  • Dari Arah Nganjuk Naik Bus KAWAN KITA ke Terminal PAMENANG KEDIRI, Oper Bus PUSPA INDAH Jurusan Malang  di turun di Perempatan Bringin -Pare kemudian naik Ojek sekitar 4 Km Menuju ke Desa Nepen.
  • Dari Arah Jombang : Naik bus Pangeran/Hasti Atau Angkutan Umum Jurusan Pare turun di Perempatan Bringin -Pare kemudian naik Ojek sekitar 4 Km Menuju ke Desa Nepen.

                Desa kami ini desa yang cukup aman, jarang ada pencurian karena memang didesa kami ini kekeluargaanya masih sangat kental. jadi Invidualisme merupakan hal yang jarang kami temukan. Pemuda-pemudanya juga ramah-ramah dengan pendatang Baru. Pemuda di Desa ini kebanyakan merantau ke Luar jawa untuk mencari Pekerjaan. Tapi aku berharap mereka ada di desa mereka sendiri untuk mengembangakan desa ini. Fasilitas pendidikan di Desa kami ada PAUD (pendidikan Anak Usia Dini), TK (Taman kanak Kanak), TPQ (Taman Pendidikan Al_quran) dan Pondok Pesantren.

Di Desa kami juga ada tempat penggilingan padi nagi petani-petani yang ingin menggilingkan padinya waktu Panen. Didesa kami juga kaya akan Pohon Bambu. Di Sepanjang sungai yang membelah desa tumbuh Bambu yang lumayan Lebat.

Letak Geografis Desaku :

Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Krecek

Sebelah Barat Berbatasan Dengan Desa Surowono dan Pandan Lor

Sebelah Selatan Berbatasan denagn Desa Surowono dan Boto Putih

Sebelah Timur Berbatasan dengan desa GERBONG / Bumi Rejo

Keadaan Alam

Sama dengan desa-desa pada umumnya yang terletak di dataran rendah. beriklim Tropis namun tidak terlalu panas. masih banyak pepohonan di setiap rumah. Alhamdulillah Desa kami selalu bersih. Jalanya sudah Aspal. Bisa di lewati Mobil maupun Motor.

Kebiasaan Penduduk

Di pagi hari, para Ibu-ibu jam 5 pagi menyapu halaman rumahnya masing-masing. Sementara sang bapak bersiap ke Sawah. dan Anaknya jika sudah Lulus Biasanya Ikut membantu, namun jika masih sekolah, mereka akan bersiap-siap berangkat sekolah.

                Selesai menyapu ibu-ibu siap menyerbu Toko-toko di sekitar untuk belanja membuat Sarapan. Menu Sar4apan Pagi biasanya Menu sederhana, Nasi denagan Lauk pauk Tahu tempe dan kerupuk Berserta Sambel. karena Biasanya Ibu-Ibu belum sempat memasak Sayur karena Sang anak atau Bapak keburu pergi ke Sekolan atau Sawah.

                Setelah Bapak dan Anak sudah menjalankan Aktifitasnya masing-masing, Baru Ibu biasanya memasak Sayur buat makan siang. Di Siang hari desa kami tampak Lengan, karena semua aktifitas hampir semuanya di lakukan di Sekitar/ di dalam rumah. Di Sore hari para anak-anak berangkat ke TPQ, dan sang Bapak kembali ke Sawah. sedangkan sangg Ibu membersihkan rumah mereka atau ikut suaminya ke Sawah.

                Kegiatan Malam di Desa kami hampir seluruhnya du lakukan di dalam rumah mulai Adzan Magrib.Beberapa Pemuda biasanya Nongkrong di Warung.

3 Tanggapan

  1. waacchhhh…menyentuch hati banget,,,,,te2p semangat ya….don’t give up…

  2. sama donk dgn dsku maklum kt ttangga ds

Silahkan komentar..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

duaribuan

untuk bulutangkis Indonesia

alangalangkumitir

Javanese Manuscripts

Haris eXpress

ilmu yang banyak tak akan berguna jika tidak di manfaatkan

dunia gradien

Just another WordPress.com weblog

Catatan Hidup

Aku berjalan dan kutuliskan jejak ini

"Sekedar Info"

Berbagi Informasi untuk Indonesia