Islamisasi

Nama : Moh Haris Hariyadi

NIM : A32209010

Tugas UTS : Sejarah Islam Indonesia

Soal

1. Ada dua model islamisasi, yaitu: Atlantik panetration dan fasifik panetration. Jelaskan dan tunjukkan wilayah-wilayah yang masuh katagori atlantik dan fasifik.

2. Islamisasi di Indonesia kenal dengan istilah islamisasi dengan jalan damai.

a. Apa yang dimaksud dengan jalan damai

b. Sebab-sebab apa dikatakan jalan damai

c. Sebutkan saluran-saluran islamisasi itu dan beri contoh.

3. Jelaskan dengan bukti-bukti fakta lahirnya kerajaan islam yang pertama di Nusantara

4. Sebutkan pendapat tentang runtuhnya kerajaan majapahit dan lahirnya kerajaan demak.

Jawaban

1. Penetrasi secara damai (Penetration Pacifique) adalah masuknya unsur-unsur kebudayaan asing kedalam suatu masyarakat secara damai tanpa disengaja, serta tanpa pemaksaan. wilayah Penetration Pacifique adalah daerah Asia Tenggara. sedangkan penetrasi dengan cara kekerasan (Penetrasi Violente [Penetrasi anlantik]) adalah masuknya unsur-unsur kebudayaan asing kedalam suatu masyarakat dengan cara paksaan . Wilayah dari Penetrasi Violente adalah daerah Eropa

2. Islamisasi di Indonesia kenal dengan istilah islamisasi dengan jalan damai.

a. Islamisasi dengan jalan damai adalah apabila suatu politik kerajaan mengalami kekacauan dan kelemahan disebabkan perubutan kekuasaan dikalangan keluarga istana, maka Islam dijadikan alat politik bagi golongan bangsawan atau pihak-pihak yang menghendaki kekuasaan itu. mereka berhubungan dengan pedagang muslim yang posisi ekonominya kuat (Yatim, 2007:200-201). Maka saat para pedagang muslim dengan para penguasa kerajaan menjalin kerjasama terjadilah islamisasi dikalangan raja, jika rajanya sudah muslim otomatis rakyatnya akan mengikuti sang raja.

b. Sebab-sebab dikatakan damai adalah Islam masuk dengan jalan tanpa peperangan, tanpa menjajah dan tanpa pemaksaan

c. saluran-saluran islamisasi menurut Badri Yatim (2007) adalah:

1) Perdagangan

Karena islam datang lewat perdagangan maka banyak sekali muslim yang tinggal dipesisir, pada zaman dahulu bupati-bupati yang berada dipesisir banyak yang memeluk islam, mereka meluk islam ada yang karena memang iklas namun ada juga karena faktor perdagangan atau ekonomi.

2) Perkawinan

Dari sudut ekonomi, para pedagang muslim memiliki status sosial yang lebih tinggi, sehingga banyak penduduk pribumi terutama putri bangsawan tertarik untuk menjadi istri saudagar itu, sebelum dinikahi putri tersebut di islamkan (Yatim, 2007:202)

3) Tasawuf

mengajarkan Teosofi yang bercampur dengan ajaran yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Mereka mahir dalam soal-soal magis dan kekuatan penyembuhan.

4) Pendidikan

Pendidikan dilakukan di pesantren setelah mereka lulus dari pesantren mereka akan berdakwah dikampung masing-masing ataupun merantau untuk berdakwah

5) Kesenian

Kesenian sangat berperan sekali dalam islamisasi di Indonesia khususnya Jawa. Dengan pertunjukan kesenian yang dialamnya mengajarkan ajaran-ajaran islam.

6) Politik

Pengaruh politik raja sangat membantu tersebarnya islam didaerah Raja tersebut. jika rajanya masuk islam maka rakyatnya akan mengikuti.

3. Kerajaan Islam pertama di Nusantara adalah kerajaan Islam Perlak. Buktinya adalah Berita Marcopolo (tiba di Sumatra tahun 1292) yang menyatakan bahwa pada masa itu (abad-8), Sumatra terbagi dalam 8 kerajaan yang semuanya menyembah berhala, kecualai satu yaitu Perlak yang berpegang pada islam dam memelk undang-undang Muhammmad (Supriyadi, 2008:194)

4. Runtuhnya Majapahit

Raden patah menundukkan ayahnya Prabu Brawijaya, raja terakhir kerajaan majapahit. Saat penguasa Majapahit, Girindeawardhana telah memindahkan pusat kerajaan ke Kediri yang merebut tahta dari Kerta Bumi (ayah Raden Patah). Kemudian Raden Patah merebut tahta itu kembali, pada hakikatnya adalah Revans terhadap pembunuhan ayahnya.

Lahinya Kerajaan Demak

Sejak Raden Patah berguru pada Sunan Ampel dan dinikahkan dengan cucunya, Sunan Ampel adalah guru agama dan penasehat spiritual Raden Patah. Atas pertimbangan dan petunjuk Sunan Ampel kepada Majapahit, Raden Patah diberi kekuasaan Di Bintara, Demak. Ditempat itulah didirikan kerajaan bercorak Islam pertama di Jawa. waktu itu kerajaan Demak masing dalam bayang-bayang kerajaan Majapahit

________________________________________________________________________

DAFTAR PUSTAKA

Mukarrom, Ahwan. _ . Kerajaan Islam di Indonesia. _

Supriyadi, Dedi. 2008. Sejarah Peradaban Islam. Bandung: Pustaka Setia

Yatim, Badri. 2007. Sejarah Peradaban Islam.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

[Online] http://www.antoe.web.id/?P=715. Diakses pada tanggal 24 Mei 2010

Satu Tanggapan

  1. Haloo…
    lagi cari pengertian Penetration Pacifique, sampai akhirnya terdampar disini, terimakasih yaa informasinya🙂

Silahkan komentar..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

duaribuan

untuk bulutangkis Indonesia

alangalangkumitir

Javanese Manuscripts

Haris eXpress

ilmu yang banyak tak akan berguna jika tidak di manfaatkan

dunia gradien

Just another WordPress.com weblog

Catatan Hidup

Aku berjalan dan kutuliskan jejak ini

"Sekedar Info"

Berbagi Informasi untuk Indonesia