FIQIH DASAR

Nama : Moh Haris Hariyadi (A32209010)
Jur : SPI-A semester 1 fakultas Adab
Matakul : Fiqih
Dosen : H.Achmad Zuhdi Dh

Soal:
1. Jelaskan pengertian dari: A.Ijtihad B.I’tibad C.Taklik
Dan mana yang anda ikuti?
2. Jelaskan alasan Ulama yang membolehkan Zakat Fitrah dengan Uang ?
3. Bagaimana pendapat Iman Syafi.i tentang cara berdzikir setelah Sholat?
4. Jelaskan alasan Ulama yang membolehkan dan melarang Tahlilan?
5. Apa alasan ulama membolehkan Wanita Haid masuk Masjid?

Jawaban :
1)
a) Ijtihad (Arab: اجتهاد) adalah sebuah usaha yang sungguh-sungguh, yang sebenarnya bisa dilaksanakan oleh siapa saja yang sudah berusaha mencari ilmu untuk memutuskan suatu perkara yang tidak dibahas dalam Al Quran maupun hadis dengan syarat menggunakan akal sehat dan pertimbangan matang.
b) ittiba’
اتباع من ليس قوله حجة
“Mengikuti perkataan orang yang perkataannya bukan hujjah.”
Keluar dari perkataan kami : ( من ليس قوله حجة ) “orang yang perkataannya bukan hujjah” :
ittiba’ (mengikuti) Nabi sholallohu alaihi wa sallam, mengikuti ahlul ijma’, dan mengikuti shahabat jika kita katakan bahwa perkataan shahabat tersebut adalah hujjah, maka mengikuti salah satu dari hal tersebut tidaklah dinamakan taqlid, karena hal ini merupakan ittiba’ kepada hujjah. Akan tetapi terkadang disebut sebagai taqlid dari sisi majaz dan perluasan bahasa

c) Taqlid atau taqleed (arab تقليد taqlid) adalah istilah Arab yang berarti “tiruan” atau “tradisi”. Dalam terminologi hukum Islam itu mengacu pada praktek mengikuti keputusan yang diambil oleh otoritas keagamaan tanpa harus memeriksa dasar Kitab Suci atau penalaran keputusan itu. Dalam teologi Islam taqlid dari seseorang yang dianggap sebagai otoritas keagamaan yang lebih tinggi (misalnya seorang ‘alim) yang dapat diterima dalam rincian hukum-hukum agama (syariat), seperti masalah-masalah ibadah dan urusan pribadi. Menurut ortodoks Islam, hanya mengikuti atau meniru pernyataan para sarjana dalam dasar-dasar “metafisik” keyakinan, misalnya tentang keberadaan Tuhan (Allah))
d) “Dari pengertian di ats saya mengikuti yang poin A ( ijtihad) karena kita tidak sepatutnya untuk taklid ataupun berittibad, kerana kita di peri akal pikiran untuk ber ijtihad yang benar di jalan ALLAH.”

2) Adapun ulama yang berpendapat bahwa zakat adalah merupakan hak bagi Orang-orang miskin berpendapat bahwa mengeluarkan zakat Fitrh dengan Uang itu Boleh-boleh saja.
a) Ibn Mudhir :Para sahabat memperbolehkan mengeluarkan setengah sa’ gandum karena dianngap sama nilainya dengan satu sa’ kurma atau satu sa’ sha’ir.
b) Ibn Umar : Pemberian mereka(fakir miskin) berupa uang itu bias lebih penting,lebih utama atau lebih di perlukan. Karena kalu dengan makanan bias saja makanan itu du jual jika tidak punya uang untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.
c) Imam Hanafi dan al-Thauri : tujuab dari di perintahkan zakat lebih mengarah kepada bagaimana agar para fakir miskin dapat kenyang dan terhibur. Dalm hal ini menyerahkan zakat fitrah dengan uang lebig ber maslahah bagi orang-orang miskin. Pemahaman ini berangkat dari hadist Nabi yang menegaskan bahwa pada Hari Raya itu Orang-orang harus terpenuhi kebutuhannya.
3) Menurut Syafi’i dari riwayat Ummi salamah”Rosulullah Saw telah selesai memberi salam dari Sholatnya, maka kaum wanitanya(yg ikut berjamaaf) bangun berdiri, sementara Nabi berhenti sebentar pada tempatnya”.menurut Ibnu shihab itu untuk memberi kesempatan jamaah perempuan meningggalkan tempat sholat dahulu.(wallahu a’lam). Ulama Syafi’iyah lebih cenderung mengamalkan dzikir dengan “sirr” merujuk pada sang mujtahid besar, imam syafi’I dalm Kitabnya”AL-UMM” : saya memandang baik bagi Imam dan makmum mengamalkan dzikir secara “sirr” setelah sholat, kecuali Imam yang bermaksud memberi pelajran kpd makmumnya,maka imam tadi boleh berdzikir denagn suara Jarr.tetapi bilamana makmumnya sudah mengetahuai maka imam dserukan membaca dengan sirr.”
4) Alasan Membolehkan :
 Dalil Aqli :
 kegitan dzikir merupakan pembacaan Al-quran,sholawat,tasbih dll
 Bersedekah : mengeluarkan Hidangan bagi mereka yang dating ke acara tahlilan
 Bersilaturrahmi
 Dalil Naqli
 Qs.Al-ahzab,41 : pada ayat tersebut Allah memerintahkan kepada semua orang yangberiman agar suka berdikir kpd Allah dengan Dzikir yang sebanyak-banyaknya,kapn saja dan dimna saja. Ayat ini juga di Pahami sebagai perintah untuk dzikir dalam kegiatan tahlilan.
Alasan Tidak membolehkan :
 Dalil Aqli :
1. Memberatkan keluarga si Mayit,karena harus menyediakan Hidangan
2. Kurang etis karena sedang berduka cita.di rumahnya ada kegiatan makan-makan
3. Sungguh berlebihan,mestinya keluarga yang berduka itu di santunu dan di Bantu dengan makanan

 Dalil Naqli :
1. Qs.Al-Baqoroh 185 dan Qs.Al-najm 38-39 : dari ayat-ayat dalam surat itu di pahami bahwa Allah tidak ingin memberatkan hamba-Nya dalam memikul beban hidup. Allah mengingatkan bahwa masing-masing orang akan bertanggung jawab kepada dirinya sendiri jadi atas dasar itu Ulama melarang tahlilan karena mengirim pahala pada orang yang sudah mati yang biasa di lakukan di tahlilan tidak ada manfaatnya sama sekali
5) Adapun Ulama yang berpendapat boleh memasuku masjid berdasarkan pada Qs.An-nisa ayat 43 : dengan memahami secara hakiki pada kata “al-salat” dengan penghertian “ibadah sholat itu sendiri”. Berdasarkan pemahaman Hakiki ini,maka yang dilarang bagi mereka yang Junub adalah Sholat, bukan mendekati atu masuk kedalam masjid, menrut Al-Albani tidak ada hadist Shohih yang mengharamkan. Pendapat ini juga merupakan pendapat dari Imam Ahmad dan lebih tegasnya Imam Ahmad dan al-Muzani berpendapat “ wanita haid dan Orang junub boleh tinggal di masjid.

Silahkan komentar..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

duaribuan

untuk bulutangkis Indonesia

alangalangkumitir

Javanese Manuscripts

Haris eXpress

ilmu yang banyak tak akan berguna jika tidak di manfaatkan

dunia gradien

Just another WordPress.com weblog

Catatan Hidup

Aku berjalan dan kutuliskan jejak ini

"Sekedar Info"

Berbagi Informasi untuk Indonesia