Perluasan Kekuasaan Islam

1. Media Perluasan kekuasan islam

Media pertama yang di gunakan islam adalan dengan berdakwah. Dakwah adalah kegiatan yang bersifat menyeru, mengajak dan memanggil orang untuk beriman dan taat kepada Allah Swt sesuai dengan garis aqidah, syari’at dan akhlak Islam.
Media yang ke dua adalah perang. Perang adalah sebuah aksi fisik dan non fisik (Dalam arti sempit, adalah kondisi permusuhan dengan menggunakan kekerasan) antara dua atau lebih kelompok manusia untuk melakukan dominasi di wilayah yang dipertentangkan
Dan yang terakhir adalah perdagangan, Perdagangan atau perniagaan adalah kegiatan tukar menukar barang atau jasa atau keduanya. Pada masa awal sebelum uang ditemukan, tukar menukar barang dinamakan barter yaitu menukar barang dengan barang. Pada masa modern perdagangan dilakukan dengan penukaran uang. Setiap barang dinilai dengan sejumlah uang. Pembeli akan menukar barang atau jasa dengan sejumlah uang yang diinginkan penjual

2. Proses Perluasaan kekuasaan islam

Perluasan kekuasaan islam pada awalnya di lakukan dengan jalan dakwah oleh nabi Muhammad dan para sahabat-sahabat nabi. Namun tidak semudah pada saat ini, pada saat itu banyak yang menolak ajaran yang di berikan oleh nabi Muhammad sehingga mengakibatkan peperangan dengan kaum Qurais.
Pada masa setelah nabi Muhammad wafat para khulafaur rosidin memperluas imperiumnya dengan berperang ke daerah-daerah di sekitarnya. Perang bukan jalan satu-satunya untuk memperluas kekuasaan slam pada masa itu, jalus perdagangan juga merupakan jalan alternative.

3. Wilayah perluasan kekuasaan islam

Wilayah islam pada masa itu sudah terbilang sangat luas hamper 1/3 benua di kuasai oleh islam dari jazirah arab sampai ke suriah, Irak dan Persia kemudian ke Benua afrika bagian utara (yang paling dominant) yang mencakup mesir dan Negara-negara di sekitarnya, bahakan pada masa ke kholifahan abasiyah sampai ke Andalusia (Spayol)

4. Akibat dari Perluasan Kekuasaan islam

akibat dar perluasan kekuasaan ini para suku-suku yang berada si arab dan sekitarnya menjadi bersatu, peran islam sebagai unsure pemersatu dan perekat masyarakat heterogen yang sebelumnya tidak pernah bersatu dan membentuk suatu pendobrak yang besar.
Selain itu banyak juga yang menganut agama islam karena memeluk islam menjanjikan masuk surga di akhirat. Islam yang mulanya hanya sebagai agama berkembang menjadi Negara yang mempunyai budaya dan peradapan.

Silahkan komentar..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

duaribuan

untuk bulutangkis Indonesia

alangalangkumitir

Javanese Manuscripts

Haris eXpress

ilmu yang banyak tak akan berguna jika tidak di manfaatkan

dunia gradien

Just another WordPress.com weblog

Catatan Hidup

Aku berjalan dan kutuliskan jejak ini

"Sekedar Info"

Berbagi Informasi untuk Indonesia